Jangan Sepelekan, Ini Bahaya Karang Gigi Jika Dibiarkan Menumpuk

Jangan Sepelekan, Ini Bahaya Karang Gigi Jika Dibiarkan Menumpuk

Plak gigi yang mengeras dan tumbuh sedikit demi sedikit disebut karang gigi. Kondisi ini terbentuk saat bakteri dalam mulut bercampur dengan protein sisa-sisa makanan. Jika tidak segera dibersihkan, plak ini akan berubah menjadi karang. Jangan biarkan karang pada gigi terus berkembang. Berikut beberapa efek samping yang mungkin terjadi.

Menjadi Tempat Bersarang Bakteri

Secara garis besar karang pada gigi memiliki efek samping yang serius. Terutama pada kesehatan mulut. Tumbuh di atas garis gusi, hal ini bisa menjadi tempat bagi bakteri untuk bersarang dan menyusup ke dalam gusi sehingga menyebabkan kerusakan. Tak hanya itu saja hal ini juga bisa menyebabkan iritasi dan peradangan.

Menyebabkan Gingivitis Alias Radang Gusi

Salah satu efek dari Karang pada gigi yang umum terjadi yakni gingivitis atau radang gusi. Jika hal ini dibiarkan maka dapat menyebabkan penyakit periodontitis. Penyakit ini berbentuk kantong nanah yang tumbuh di antara gusi dan gigi. Jadi jangan biarkan karang gigi sampai menumpuk jika tak ingin terkena penyakit tersebut.

Meningkatkan Risiko Gigi Tanggal

Ternyata karang pada gigi yang dibiarkan menumpuk juga bisa meningkatkan risiko gigi tanggal. Ini disebabkan karena sistem pertahanan tubuh melakukan reaksi perlawanan terhadap bakteri yang berada pada kantong nanah tersebut. Secara bersamaan bakteri juga akan melepaskan zat pertahanan dirinya yang mengakibatkan tulang gigi dan jaringan di sekitarnya mengalami kerusakan.

Memicu Penyakit Jantung dan Stroke

Ternyata penyakit jantung dan stroke juga bisa disebabkan oleh bakteri dan mikroorganisme yang terdapat pada plak yang masuk ke dalam aliran darah dan menyebabkan reaksi peradangan. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan dan penyumbatan pembuluh darah sekaligus meningkatkan risiko terkena penyakit stroke dan jantung.

Bau Mulut (Halitosis)

Utama penyebab terjadinya bau mulut adalah penumpukan karang pada gigi. Hal ini disebabkan karena endapan dan sisa-sisa makanan tidak terikat dengan sempurna ketika Anda menggosok gigi. Jika hal ini terjadi maka pembusukan sisa-sisa makanan di dalam mulut tidak bisa dihindari

Diabetes

Peradangan pada gusi akan lebih rentan terjadi pada penderita diabetes. Jadi bagi para penderita diabetes sangat dianjurkan untuk Rajin Merawat kebersihan gigi dan mulut agar tidak berburuk keadaan. Pasalnya penumpukan Karang pada gigi dapat membuat kondisi kesehatan Anda menjadi lebih memburuk.

Gigi Goyang

Gigi yang dibiarkan menumpuk juga dapat memicu terjadinya peradangan gusi yang menyebabkan gusi menjadi mudah berdarah. Pada kondisi yang satu ini peradangan sudah menjalar hingga ke tulang penyangga gigi dan bisa menyebabkan gigi menjadi goyang. Untuk itu jangan biarkan karang pada gigi menumpuk.

Nah di atas merupakan beberapa efek samping dari karang gigi yang dibiarkan menumpuk. Demi mencegah timbulnya Karang pada gigi, jangan lupa untuk rutin menggosok gigi minimal 2 kali sehari dengan cara yang tepat. Selain itu jangan lupa lakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.